Menyingkap Pesona Bumi Melayu

  • Info Kelana

    Bias Pelangi di Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban

    Kabupaten Kuantan Singingi memiliki beberapa destinasi wisata, salah satu diantaranya yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban. Lokasi wisata ini terletak di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan dan berjarak sekitar 37 km dari ibukota Teluk Kuantan. Perjalanan dapat kita tempuh melalui jalur darat, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jalan yang kita lalui juga cukup baik dengan kondisi sudah beraspal.

    Lokasi wisata ini dapat dicapai menggunakan travel dengan biaya sekitar Rp 100.000,-. Perjalanan kitatempuh melaluikota Lubuk Jambi yang berjarak sekitar 22 km dari ibukota Teluk Kuantan. Setelah melewati kota lubuk jambi, kita akan melalui kecamatan Kuantan mudik. Disitu akan ditemui persimpangan jalan yang akan kita lanjutkan dengan berbelok kanan untuk bisa sampai ke desa lubuk ambacang.. Jarak yang akan kitatempuh sekitar 11 km, dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dari persimpangan jalan tersebut.
    Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban  (Foto : jalan2.com)

    Setelah sampai di lokasi wisata, Setelah sampai di lokasi wisata, kita dapat menikmati pesona tingkatan air terjun tingkat batang koban dengan menyusuri lintasan yang dinaungi pepohonan rindang.Perjalanan ini tentunya sangat seru karena kita harus berpetualang menyusuri alam terbuka yang menyejukkan. Tiap tingkatannya memiliki ketinggian yang bervariasi. Pada tingkatan pertama hingga kelima, ketinggian air terjunnya mulai dari 5 sampai 15 meter. Sedangkan pada tingkatan keenam tinggi air terjunnya dapat mencapai 30 meter. Menyusuri air terjun ini tentunya akan memberikan tantangan dan pengalaman yang berkesan. Pesona yang menjadi daya tarik air terjun ini terletak pada tingkatan ketujuh, di mana kita bisa melihat sebuah bias pelangi.

    Bias pelangi ini disebut sebagai Bias Pelangi Abadi, dikarenakan tidak pernah hilang setiap kali kita berkunjung ke sana. Pelangi tersebut akan selalu ada saatmatahari bersinar terik dan terkenapartikel halus percikan dari air terjun yang ditiupkan oleh angin. Melihat pesona alam ini, tentunya akan memberikan kesan tersendiri bagi kitaterlebih lagi untuk yang baru pertama kali berkunjung ke destinasi wisata ini.

    Selain sebagai destinasi wisata, Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban juga menjadi tempat ritual keagamaan bagi masyarakat muslim, yaing disebut dnegan tradisi Mandi Balimau. Menjelang bulan suci Ramadhan, masyarakat dapat melakukan ataupun menyaksikan tradisi mandi balimau. Tradisi inilah yang menambah nilai eksotisme air terjun tingkat tujuh batang koban.

    Penulis : Diva Pramudhya
    Editor  : Tantia Shecilia

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad