Menyingkap Pesona Bumi Melayu

  • Info Kelana

    Profil Kabupaten Bengkalis

    Logo Kabupaten Bengkalis - Kelana Riau


    A. Sejarah

    Bengkalis dalam sejarah merupakan salah satu Kabupaten tertua di Provinsi Riau. Bengkalis berasal dari kata “Mengkal” yang berarti sedih dan “Kalis” berarti tabah, sabar dan ujian. Bengkalis dikenal dengan julukan “Negeri Junjungan”.

    Ibukota Kabupaten berada di pulau Bengkalis terpisah dari pulau Sumatera. Pulau Bengkalis berada tepat di Muara Sungai Siak, sehingga dikatakan bahwa pulau bengkalis adalah delta sungai siak.

    Secara historis wilayah Kabupaten Bengkalis sebelum Indonesia merdeka, berada di wilayah pemerintahan kerajaan Siak Sri Indrapura. Setelah merdeka, seluruh wilayah yang berada dibawah kekuasaan Kerajaan Siak Sri Indrapura, termasuk wilayah Kabupaten Bengkalis berada dibawah pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada tahun 1956 berdasarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1956 dibentuklah Kabupaten Daerah Tingkat II Bengkalis, yang pada waktu itu berada di wilayah Sumatera Tengah dengan pusat pemerintahan berkedudukan di Sumatera Utara. Dan pada tahun 1958, kabupaten daerah Bengkalis berada dalam Propinsi Daerah Tingkat I Riau.

    B. Geografis

    Wilayah kabupaten Bengkalis mencakup daratan bagian timur pulau Sumatera dan wilyah kepulauan, dengan luas 11.481,77 km2. Ibukota kabupaten ini beradandi Bengkalis tepatnya berada di Pulau Bengkalis yang terpisah dari Pulau Sumatera. Pulau Benngkalis sendiri berada di muara sungai Siak, sehingga dikatakan bahwa pulau Bengkalis adalah delta sungai Siak.

    Kabupaten Bengkalis berbatasan dengan :
    Sebelah Utara : Selat Malaka
    Sebelah Timur : Selat Malaka
    Sebelah Selatan : Kabupaten Siak dan Meranti
    Sebelah Barat : Kabupaten Rokan Hilir

    Untuk menuju Ibukota kabupaten Bengkalis dibutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan darat dan menyeberang lebih kurang 1 jam ke Bengkalis. Bengkalis memiliki transportasi udara diSungai Pakning dengan nama Bandar Udara Sei Selari.

    C. Pariwisata

    Tempat pariwisata di Bengkalis adalah :
    1. Pantai Pasir Putih Rupat Utara
    2. Pantai Selat Baru
    3. Taman Prapat
    4. Masjid Istiqomah
    5. Museum Sultan Syarif Qasim
    6. Rumah Kapitan
    7. Makam Sang Naualuh Damanik
    8. Bandar Sri Laksamana
    9. Paket Wisata Bukit Batu

    Daftar Pustaka :
    Biro Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Riau, Riau Business Guide, 2012.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad