Menyingkap Pesona Bumi Melayu

  • Info Kelana

    Profil Kabupaten Kuantan Singingi

    Logo Kabupaten Kuantan Singingi - Kelana Riau

    Kuantan Singingi yang biasa dikenal dengan sapaan Kuansing adalah nama salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Riau. Kabupaten dengan Ibukota Teluk Kuantan ini awalnya merupakan pemekaran dari Kabupatan Indragiri Hulu. Setelah berlakunya Undang-undang Nomor 53 tahun 1999, Kabupaten Indragiri Hulu dimekarkan menjadi dua kabupaten yaitu Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kuantan Singingi. Dari kota Pekanbaru diukur dengan waktu dapat memakan lebih kurang 3 sampai 4 jam perjalanan untuk sampai ke kota Teluk Kuantan.atau lebih kurang 160 km dengan transportasi darat.

    Secara geografis Kabupaten Kuantan Singingi terletak di jalan lintas sumatera sehingga mempunyai peran strategis dalam tali perdagangan antar propinsi yang menghubungkan antara daerah produksi dan daerah pelabuhan. Dengan demikian Kuantan Singingi memiliki peluang untuk meningkatkan sektor pertanian, perdagangan barang dan jasa, transportasi, perbankan dan pariwisata. Kabupaten Kuantan Singingi memiliki luas lebih kurang 7.656.03 km2 dengan 12 kecamatan yang sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Kampar dan Pelalawan, sebelah Selatan berbatasan dengan Propinsi Jambi, sebelah Barat berbatasan dengan Propinsi Sumatera Barat dan sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Indaragiri Hulu.

    Kabupaten Kuantan Singingi memiliki potensi wisata untuk dikembangkan. Diantaranya adalah wisata alam yaitu air terjun, pemandian air panas dan danau kebun nopi. Wisata kebudayaan dalam bentuk event Pacu Jalur dan Perahu Baganduang juga telah mampu mengangkat nama Kabupaten Kuantan Singingi. Tidak hanya itu, wisata sejarah di Kabupaten Kuantan Singingi cukup banyak namun saat ini sejarah tersebut belum dapat dikembangkan secara maksimal seperti Tambang Batu Bara peninggalan Jepang, Rumah Adat Koto Benai dan Rumah Adat Koto Rajo.

    Daftar Pustaka :
    Biro Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Riau, Riau Business Guide, 2012.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad