Menyingkap Pesona Bumi Melayu

  • Info Kelana

    Profil Kota Dumai


    Logo Kota Dumai - Kelana Riau

    Dumai salah satu kota yang berada di Provinsi Riau. Daerah luas yang beribukota Dumai dahulunya adalah sebuah dusun kecil dan kini telah menjelma menjadi kota pelabuhan minyak. Banyak tanki-tanki minyak berdiri megah di setiap sudut kota yang menjadi ciri khas Dumai sebagai kota industri. Dumai merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkalis. Setelah diresmikan undang-undang No. 16 Tahun 1999 akhirnya Dumai resmi menjadi kota yang dahulunya hanya memiliki 3 kecamatan, 13 kelurahan dan 9 desa dengan jumlah penduduk lebih kurang 15.699 jiwa.

    Menurut masyarakat setempat, kata Dumai berasal dari kata “d’umai” yang selalu diucapkan Pangeran Empang Kuala ketika melihat kecantikan Putri Mayang Sari atau Mayang Mengurai. Legenda Putri Tujuh tidak pernah lepas dari kota Dumai. Sebagian orang mengatakan legenda tersebut adalah sejarah nyata dari kota Dumai. Salah satu situs bersejarah Putri Tujuh terletak di dalam komplek kilang minyak PT. Pertamina Dumai. Nama Putri Tujuh juga diabadikan pada salah satu daerah Dumai yaitu Bukit Putri Tujuh. Makna yang terkandung di dalam cerita Putri Tujuh ialah berupa nasehat. Bahwasanya kekuasaan dan kekuatan dapat membawa kesombongan karena segala keinginan yang dirasa harus dipenuhi.

    Letak kota Dumai berada di pesisir pantai pulau Sumatera sebelah timur dengan luas wilayah lebih kurang 203.900 km2. Batas-batas wilayah Kota Dumai sebelah Utara berbatasan dengan Selat Rupat, sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Bukit Batu dan Kabupaten Bengkalis, sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Mandau dan Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Tanah Putih dan Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Jarak Kota Dumai dari Kota Pekanbaru lebih kurang 125 km. Bisa ditempuh dengan jalur darat dan udara. Untuk darat bisa menggunakan jasa travel atau mobil sewa, untuk udara menggunakan pesawat khusus.

    Dumai juga memiliki potensi wisata yang perlu dikembangkan seperti wisata alam, budaya dan belanja. Beberapa daerah wisata diantaranya kawasan konservasi di Kecamatan Sungai Sembilan, hutan wisata di Kecamatan Dumai Barat dan Dumai Timur, kawasan pantai Teluk Makmur di Kecamatan Medang Kampai dan Tasik Bunga Tujuh di Kecamatan Dumai Timur. Selain itu juga ada Makam Siti Laut dan Makam Tok Kedondong, wisata cagar alam, taman wisata alam, Dumai Water Front City dan suaka marga satwa.

    Daftar Pustaka :
    Biro Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Riau, Riau Business Guide, 2012.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad