Menyingkap Pesona Bumi Melayu

  • Info Kelana

    Nikmatnya Roti Canai, Kuliner Kegemaran Masyarakat Riau

    Sebagai provinsi persinggahan, Riau memiliki ragam kuliner yang dipengaruhi oleh para pendatang dan pedagang, termasuk pedagang dari India. Salah satu kuliner yang berasal dari India dan begitu populer di masyarakat Riau adalah Roti Canai.

    Roti Canai Kari. Foto : Kelana Riau/Afifah
    Roti canai merupakan roti pipih (flatbread) yang dibuat dengan cara diputar hingga tipis kemudian dilipat dan dipanggang dengan minyak tipis. Roti adalah kata dalam bahasa urdu dan melayu. Canai merujuk pada satu kota di India yaitu Kota Chenai, sedangkan dalam bahasa Melayu canai berarti adonan yang digulung dan dipipihkan. Hampir di setiap negara mengenal roti canai dengan nama yang berbeda seperti prata (Malaysia dan Singapura), palata (Myanmar), flying bread (Roti Terbang), sedangkan di Cina dinamai Yin Du Jiang Bing yang berarti biskuit panggang India. Di Indonesia sendiri khususnya di Riau dikenal dengan roti canai.

    Roti canai memiliki cita rasa yang unik. Rotinya kering berlapis, lembut dan gurih. Biasanya roti canai dinikmati bersama gulai kari kambing dengan rasa rempah-rempah yang menyatu dan lezat. Saat ini, roti canai telah memiliki banyak modifikasi seperti roti canai manis dengan taburan susu, gula atau coklat.

    Roti Canai Manis. Foto : Kelana Riau/Afifah
    Meski tidak terlalu sulit, pembuatan roti canai juha memiliki tingkat kesulitan terutama dalam pemipihan adonan yang sering membuat roti canai gagal membentuk lapisan-lapisan. Bahan roti canai terbilang sederhana seperti tepung terigu, telur, air, minyak dan garam. Semua adonan diicampur menjadi satu sampai adonan kalis. Kemudian adonan didiamkan selama satu malam. Setelah itu, adonan dipipihkan kemudian dilipat dan dipanggang di wajan dengan sedikit minyak.

    Saat ini, roti canai banyak ditemui di Pekanbaru. Seperti Roti Canai Ikhwan yang telah memiliki 4 cabang di Pekanbaru, yaitu di jalan Bintara depan Koem 031, di jalan Lembaga Pemasyarakatan depan rumah sakit PMC, jalan bukit barisan 15C dan di Bandara International SSK II. Keempat cabang itu buka dari pagi 07.00 WIB sampai malam 22.00 WIB. Harga untuk satu porsi roti canai baik gurih maupun manis dimulai dari Rp. 9000 sampai Rp. 25.000.

    Penulis : Afifah
    Editor : Tantia Shecilia

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad