Menyingkap Pesona Bumi Melayu

  • Info Kelana

    Kacang Pukul, Si Manis Nan Legit dari Bagansiapiapi

    Manis, gurih, renyah bercampur menjadi satu pada gigitan pertama. Itulah rasa khas yang disuguhkan oleh Kacang Pukul khas Bagansiapiapi. Tak cukup rasanya jika hanya makan satu potong saja. Legitnya Kacang Pukul mengundang mulut untuk kembali mengunyahnya. Makan 5 sampai 10 potong tak akan terasa jika sambil menonton acara TV favorit, membaca buku ataupun duduk santai sambil bercengkrema.

    Kacang Pukul, Si Manis nan Legit dari Bagansiapiapi
    Kacang Pukul adalah cemilan khas dari kota Bagansiapiapi, kepopulerannya telah menjadikan Kacang Pukul sebagai oleh-oleh ikonik. Tak lengkap rasanya berkunjung ke Bagan jika tak membawanya pulang. Nama Kacang Pukul sendiri diambil dari proses pembuatan adonannya yang menghaluskan kacang dengan cara dipukul atau ditumbuk. Bahan utama pembuatannya adalah kacang tanah dan gula pasir. Setelah kacang dan gula dihaluskan bersama, maka adonan dibentuk pipih lalu digulung. Kemudian gulungan adonan tersebut dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil dan dibiarkan sampai kering sebelum siap untuk disantap.

    Proses Pembuatan Kacang Pukul. Foto : Kelana Riau/Diva Pramudhya
    Salah satu toko oleh-oleh yang terkenal di Bagan adalah Toko Kue HH yang telah berdiri sejak tahun 1958. Usaha keluarga turun-temurun yang telah dikelola oleh generasi kedua ini selalu ramai pengunjung. Terletak di Jalan Perdagangan No. 45B, toko ini buka dari pagi hingga malam. Cukup mudah untuk menemukannya, plang nama toko terpampang dengan jelas. Jika kesulitan untuk mencari, bisa ditanyakan kepada warga setempat ataupun tukang becak setempat mengingat toko ini sudah cukup terkenal.

    Pembungkusan Kacang Pukul. Foto : Kelana Riau/Diva Pramudhya
    Selain Kacang Pukul, Toko Kue HH juga menyediakan berbagai oleh-oleh khas Riau lainnya. Namun jangan heran apabila produk yang banyak memenuhi rak tokonya adalah kacang Pukul. Toko Kue HH memproduksi sendiri produk Kacang Pukul yang menjadi oleh-oleh andalan di ditokonya. Disajikan dengan kemasan modern yang baik, menjadikan produk Kacang Pukul HH mudah untuk dibawa dan disimpan jalan jangka waktu yang cukup lama. Tiap potongan dikemas dalam bungkus kecil. Dalam satu kemasan Kacang Pukul HH terdapat beberapa bungkus kecil Kacang Pukul. Tersedia dalam berbagai ukuran kemasan, mulai dari kemasan kecil seharga Rp 10.000,- sampai dengan kemasan besar seharga Rp 30.000,- saja. Harga yang cukup terjangkau jika ingin membawanya pulang dalam jumlah banyak. Perbedaan antara kemasan kecil dengan kemasan besar selain jumlah Kacang Pukul di dalamnya adalah potongannya. Pada kemasan kecil, potongan kue lebih tipis, sedangkan pada kemasan besar potongan kue pun lebih tebal.

    Toko Kue HH Bagansiapiapi. Foto : Kelana Riau/Diva Pramudhya
    Bagi para penikmat kuliner tinggal menyesuaikan seleranya, ingin menyantap potongan Kacang Pukul yang tipis atau yang lebih tebal. Potongan Kacang Pukul yang tebal terasa begitu pas dimulut, memberi waktu untuk lidah saat meresapi rasa manis dan gurihnya. Potongan yang lebih tipis pun terasa berlalu saja dimulut, membuat ingin mengunyahnya lagi dan lagi. Pada akhirnya, membawanya pulang dalam jumlah banyak akan menjadi pilihan yang bijak bagi para penikmat kuliner yang senang dengan makanan manis. Jika tak sempat ke Bagansiapiapi jangan khawatir, kini Kacang Pukul HH sudah tersedia di berbagai toko oleh-oleh di Riau termasuk di kota Pekanbaru. Bagi para penikmat kuliner, Kacang Pukul yang khas dari Bagansiapiapi ini tak boleh sampai dilewatkan.

    Penulis : Diva Pramudhya
    Editor : Tantia Shecilia

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad