Menyingkap Pesona Bumi Melayu

  • Info Kelana

    Satu Lagi Surga Tersembunyi di Kuantan Singingi

    Kuantan Singingi merupakan daerah yang kaya akan objek wisata tirta (air), mulai dari air terjun, arung jeram dan pemandian yang memiliki air bersih nan alami. Terdapat satu lagi sungai yang menjadi primadona Kuansing, yakni Sungai Tapi. Sungai yang terletak di Desa Petai, Kecamatan Singingi Hilir ini memiliki pesona yang tak kalah menarik dengan Sungai Subayang. Bak kata pepatah, lain sungai lain pula keindahannya. Saat berkunjung ke sana, anda akan disambut mesra oleh desiran alam nan merdu, sejuk namun menghangatkan. Jernihnya sungai tanpa deru piyau, membuat anda tak ingin melewatkan kesempatan untuk berbaur dengan ikan-ikan yang terlihat berlarian di antara bebatuan dan kerikil. Pepohonan pun tampak mengayunkan daunnya, sembari mengabarkan bahwa surga itu masih tersisa.

    Sungai Tapi, Surga Tersembunyi di Kuantan Singingi. Foto : Irfan Nurarifin/WWFID

    Setelah melalui waktu dua setengah jam dari Pekanbaru, maka anda akan sampai di Desa Petai, Kabupaten Kuantan Singingi. Sementara jika ditempuh dari jalan raya Teluk Kuantan, hanya membutuhkan waktu 30 menit. Saat ini, sungai yang memiliki kedalaman lebih kurang 5 meter ini semakin ramai dikunjungi wisatawan. Untuk itu, warga setempat bertekad mengelola objek wisata ini sebagai sumber ekonomi warga , salah satunya dengan mengadakan kegiatan Balimau Kasai.

    Selain Sungai Tapi, kecamatan Singingi Hilir masih mempunyai objek wisata alam lain yang menawan, salah satunya air terjun sungai Tangko dan Tasam serta kawasan suaka margasawa Bukit Rimbang Baling juga di desa Petai ini. Namun, dikarenakan minimnya sarana dan prasarana serta lokasinya yang cukup jauh membuat air terjun ini masih sulit diakses. Sebelum sampai di kedua air terjun tersebut, pelancong akan menikmati panorama alam yang luar biasa karena lokasi ini berada di kawasan Bukit Barisan yang merupakan punggung pulau Sumatera.

    Penulis : Tantia Shecilia

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad